Menyambut Hari Pelanggan Nasional (HPN) di Batam hari ini, (4/9), kami memperingatinya dengan sangat sederhana dan bersahaja. Beberapa kegiatan digelar sejalan dengan program Corporate yang menetapkan ”Always Happy to Help” sebagai thema Hari Pelanggan Nasional kali ini.
Menyambut Hari Pelanggan Nasional (HPN) di Batam hari ini, (4/9), kami memperingatinya dengan sangat sederhana dan bersahaja. Beberapa kegiatan digelar sejalan dengan program Corporate yang menetapkan ”Always Happy to Help” sebagai thema Hari Pelanggan Nasional kali ini. Arti kata dari Always Happy to Help ini sangat sederhana tetapi makna dan dampaknya sangat luar biasa dan dahsyat “Kita benar-benar dituntut harus mampu merefleksikan diri tentang makna pelanggan bagi kita,” demikian jelas GM Kandatel Rikep Mulyanta saat menyampaikan program Telkom di peringatan HPN dalam acara ”147 On The Air” di 105,5 Sing FM, Batam (4/9).
The Real Boss is Customer, mereka dapat memecat kita setiap saat dengan cara tidak membelanjakan uangnya untuk kita. Jadi kita semua harus sadar yang menjadi bos kita bukan atasan kita karena atasan kita tdk bisa memecat kita tanpa alasan kesalahan apapun, tapi tdk demikian dengan Pelanggan mereka dapat tdk membelanjakan uangnya ke perusahaan tanpa alasan apapun. Jadi inilah betapa besarnya makna pelanggan bagi sebuah perusahaan. Sehingga mau tidak mau kita harus melayani pelanggan dengan dengan suka cita dan sepenuh hati dan ihlas. Apalah artinya melayani tanpa didasari dengan rasa cinta dan ihlas, yang dirasakan adalah hambar. Maka kali ini kami mencanangkan alaways Happy to help.
Pada event ”147 On the Air” khusus Hari Pelanggan ini, Mulyanta yang didampingi Manager Customer Care Sudarto memaparkan beberapa program khusus antara lain meliputi program RamFiNaRu (Ramadhan, Aidul Fitri, Natal dan Tahun Baru) untuk Call Forwarding Combo dengan tarif khusus sebesar Rp 49,-. Kemudian, ada juga program Speedy Cermat dan tarif Flexi milis terbaru.Mulyanta menuturkan, Telkom di sisi lainnya juga berupaya memberikan kejutan-kejuan kepada pelanggan agar mereka dapat menikmati layanan yang extra melalui program Closed in the same day (Pasang baru, Fault Handling and Billing Complain). Program ini memiliki arti bahwa seluruh layanan hari ini harus dapat diselesaikan secara keseluruhan pada hari ini juga. Sementara itu, kegiatan “Sapa Pelanggan“ melalui Visit to Customere juga dilakukan Rikep dimana pelanggan yang dikunjungi oleh manajemen Telkom adalah pelanggan yang mengalami gangguan lebih dari satu kali pada bulan Agustus.
Kegiatan ini hampir sama dan sejalan dengan events ’147 On The Air” seperti yang sedang berlangsung sekarang, terang Mulyanta.Diungkapkan Mulyanta, makna “Always happy to help”” harus mampu dijabarkan seluruh karyawan melalui senyuman di Hari Pelanggan ini agar tercipta kenyamanan interaksi antara pelayan dan pelanggannya. Bagaimana kita bisa melayani pelanggan yang datang ke loket-loket layanan, kalau kita dalam kondisi yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu sangatlah tepat apabila senyum diangkat menjadi sebuah maskot di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang terpuruk dengan berbagai bencana yang dialami Indonesia.”Senyum adalah sebuah permulaan yang baik sebagai langkah awal bagi bangsa Indonesia untuk menuju bangsa yang ramah,” kata Mulyanta. Senyum adalah sesuatu yang sederhana. Namun demikian senyum terkadang bukanlah sesuatu yang murah. Senyum menjadi mahal ketika kita dalam kondisi yang marah dan jengkel, sebutnya lebih lanjut.Dengan pemahaman yang tulus dan ikhlas, diharapkan senyuman ini akan menjadi jaminan layanan dalam meretensi sekaligus mengakuisisi pelanggan di Riau kepulauan, jelas Mulyanta mengakhiri. (muller)
No comments:
Post a Comment